Selasa, 11 Desember 2012

PERBEDAAN HIKMAH DAN KHASANAH


Assalamu’alaikum wr.wb para sobat info. Sebelum saya memberikan materi dengan juduh “perbedaan kata khasanah dengan hikmah”, marilah kita memuja dan bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan riskiNya kepada kita semua, dan tidak lupa kita bersalawat kepada Nabi Agung Rosullullah Muhammad Saw semoga dengan kita bersalawat sobat info dapat syafa’atnya di ya’umul hisab dan mendapat berkah.
Terkadang kita keliru menyebutkan kata antara hikamah dan khasanah, dan di sini saya akan membahas tentang itu. Arti kata khsanah adalah kebaikan, setiap musibah pasti ada khasanah (kebaikan) masing-masing. Sedangkan hikmah jika di uraikan  huruf menjadi   ح ك   yang artinya hukum,jadi khanah dan hikmah jelas jauh berbeda, namun masyarakat kita kurang paham jika mendapat musibah kita sering menyubutkan ambil hikmahnya saja itu keliru banget para sobat info, seharusnya yang benar adalah ambil khasanah(kebaikan). Fakta yang unik keliru lagi adalah hukumnya yang jauh tidak masuk akal jika kita menipu orang lain apa kita harus melaporkannya pada polisi dan apa itu mendapat kebaikannya?
Menurut saya pribadi jelas tidak baik seharusnya kita beri dia kesempatan jika dia mau meminta maaf dan berjanji untuk tidak mengulanginya lagi di lain waktu. Jika kita melaporkannya dan dia di penjara anak istrinya mau makan apa?
Apa kita tega melihat orang lain kelaparan?
Pikirankan baik-baik sobat info. Di sini saya pribadi mengajak untuk para sobat pembaca untuk mempunyai rasa kemanusiaan dan rasa saling memaafkan akan yang terjadi apa bila seseorang bersalah dan orang tersebut sudah minta maaf kepada kita, maka kita wajib memaafkannya. Bukankah rosul mengajarkan kita untuk saling memaafkan? Apa kita ini tidak memiliki dosa sehingga orang lain bersalah kita tidak mau memaafkannya? Biarlah allah yang mengadili orang tersebut. Allah Maha Adil dan Maha bijaksana dalam memberi keputusan. Semoga tulisan ini dapat mengetuk pintu hati kita dan dapat meluluhkan hati yang keras seperti batu ini. Seperti biasa sebelum saya akhiri tulisan ini saya perpesan kepada sobat info sekalian sampaikan sedikit ini kepada setiap sahabat, saudara, teman istri dan anak kita. Akhir kata wassalamu’alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis pertanyaan dan komentar anda disini