Kamis, 22 Maret 2012

Etika dalam bekerja

Dalam bekerja, seringkali kita tidak memperhatikan hal-hal kecil yang mungkin saja terlupakan ketika kita sedang beraktifitas di kantor. Namun sebenarnya, hal-hal tersebut dapat menjadi sangat berguna dan memberikan kesan positif jika kita bisa mengemasnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diaplikasikan di lingkungan kerja sebagai etika dalam bekerja:

1.      Tampilkan Rasa Percaya Diri

-Yakinlah dengan kemampuan diri sendiri

Dengan kita yakin pada kemampuan diri kita sendiri maka akan maka masalah yang ada pada pekerjaan kita akan dapat kita selesaikan dengan cepat.

-Usahakan mampu berkomunikasi dengan diri sendiri
-Yakinlah setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan
Dengan kita yakin akan kelebihan kita dengan yakin akan kelebihan kita maka kita tidak akan meminta bantuan orang lain secara terus menerus.
-Jauhkan rasa minder dan rendah diri
Kita tidak boleh minder akan kelebihan kita agar kita kuat dalam menghadapi ejekan dari orang lain yang akan membuat kita hancur.
-Bersikaplah biasa, tidak “over atau under confidence”
Maksudnya kita tidak boleh bersikap berlebihan seperti kita mengekspresikan keberhasilan kita.



2.      Jagalah Disiplin Diri

-Datang ke kantor sebelum jam masuk

Klo bisa kita datang 15 menit lebih awal dari waktu masuk yang di tetapkan oleh perusahaan kita.

-Meninggalkan kantor melebihi jam masuk


-Tidak meninggalkan pekerjaan tanpa ijin atasan
.
Ketika kita ada kepentingan mendadak kita harus ijin terlebih dahulu kepada atasan kita agar kita tidak di marahi oleh atasan(pimpinan kita.

-Jam kerja digunakan secara efektif.

Gunakan waktu kerja secara efektif, jangan waktu kerja digunakan untuk melamun, bercerita dengan rekan kerja.



3.      Etika Masuk Kantor

-Mengucapkan salam terlebih dahulu
.
Usahan kita mengucapkan salam pada rekan kerja kita ketika bertemu, agar terjalin tali silatuhrahmi dengan baik.

-Tunjukkan wajah ceria
.
Tunjukan wajah ceria ketika dalam ruangan, walaupun kita ada masalah, tapi kita tetap ceria di ruang kerja.

-Pandanglah semua orang yang ada di ruangan dengan senyum.

Padanglah semua orang dengan senyuman, karena senyum adalah tanda damai untuk seseorang.

-Tanyakan kabar baik pada teman di sebelah
.
Maksunya untuk sekedar salam dan sapa kepada rekan kerja kita agar di pandang baik oleh rekan kerja kita.

-Jika memungkinkan ucapkan salam pada atasan setiap pagi

Jika kita memungkinkah untuk salam kepada atasan setiap pagi sapalah dengan senyuman.


4.      Pahami Dasar Etika Pergaulan

-Bersikap sopan santun dan ramah
.
Jangan lupa sopan santun di tempat kerja kita.

-Perhatian terhadap orang lain
.
Perhatian terhadap orang lain buak berari kita tertarik kepadanya, tapi ini hanya rasa sayang terhadap rekan kerja kita.

-Mampu menjaga perasaan orang lain
.
Maksudnya kita jangan berkata kasar kepada rekan kerja kita agar tidak rasa saling membenci dan perpecahaan antara rekan kerja kita.

-Toleransi dan rasa ingin membantu
.
Ketika rekan kerja kita ada masalah dan kita bisa membantunya usahakan kita untuk menbantunya.

-Mampu mengendalikan emosi diri
.
Kita harus mampu mengendalikan emosi kita ketika rekan kerja kita berkata yang membuat kita marah, walaupun kita lagi keadaan tidak ingin diganggu(galau anak muda sekarang).

5.      Etika Berpakaian

-Memakai pakaian dengan ukuran yang pas
.
Terkadang kita melupakan ukuran dalam berpakaian, terlalu besar kirang tetap, terlalu kecil kurang baik buat kesehatan kita, lebih baik kita berpakaian yang pas dan nyaman buat kita dan orang.

-Usahakan pakaian rapi dan tidak kedodoran
.
Usahakan kita berpakaian yang bersih, rapih dan tidak kusut, agar tidak kusut lebih baik kita menyetrika pakaian kita sebelum kita berangkat bekerja agar terlihat rapih.

-Usahakan model pakaian yang sopan
.
Berpakain kita harus menggunakan model yang sopan agar terlihat lebih rapih dan sesuai dengan pekerjaan kita.

-Pilih warna yang tidak menyolok

Warna pakain terkadang mempengaruhi, maka pilihlah warna yang membuat kita dan orang lain tenang, seperti warna biru, putih merah ( jangan terlalu menyolok mata).

-Pilih model pakaian yang tidak terlalu kuno
.
Jangan terlalu memilih model pakain yang terkesan kuno, kita harus menyesuaikan tempat.


6.      Etika Berbicara

-Bicara harus menatap lawan bicara
.
Pandangan mata kita harus fokus kepada orang yang kita ajak bicara, padanganlah lawan bicar kita agar lawan bicara kita merasa dihargai kita.

-Suara harus jelas terdengar
.
Kita berbicara dengan intonasi yang jelas agar lawan bicara kita tidak salah dalam mengartikan yang kita bicarakan.

-Menggunakan tata bahasa yang baik
.
Kita harus menggunakan bahasa yang lawan bahasa kita mengerti dan tidak salah paham dengan maksud dan tujuan kita.

-Jangan menggunakan nada suara yang tinggi
.
Terkadang nada suara kita mempengaruhi dengan maksud dan tujuan kita, misalnya kita berbicara dengan nada tinggi bisa diartikan dengan orang marah, lebih baik kita menggunakan nada yang bisa saja.

-Pembicaraan mudah dimengerti
.
Kita harus langsung pada maksud dan tujuan kita agar tidak membuang-buang waktu rekan kerja kita.

7.      Berbicara Simpatik

-Bisa mengimbangi lawan bicara
.
Ketika kita berbicara kita harus melihat lawan bicara kita dengan siapa kita bicara.

-Berkeinginan menyenangkan lawan bicara
.
Kita harus membuat rekan kerja kita senang berbicara dengan kita.

-Mampu menciptakan rasa humor
.
Kita harus sedikit membuat rekan kerja kita tertawa agar suasana jadi santai.

-Mau memuji lawan bicara
.
Kita juga harus memuji lawan bicara kita agar lawan bicara kita menjadi senang.

-Mampu menjadi pendengar yang baik
.
Kita harus bisa menjadi pendengar ketika rekan kerja kita bercerita pada kita.


8.      Yang Harus Dihindari Dalam Pembicaraan

-Membicarakan kejelekan orang lain
.
Ketia rekan kerjs kita bercerita sesuatu yang jelek pada kita, kita harus menghindari agar tidak bercerita tentang rekan kita mengalihkan pembicaraan atau menjauh darinya.

-Membicarakan hal yang sensitive
.
Kita harus menghindari pembicaraan yang membuat orang lain tersinggung (menggorek info tentang teman).

-Memotong pembicaraan orang lain
.
Kita tidak boleh memotong pembicaraan orang lain, biarkan orang lain berbicara sampai selesai, jika sudah selesai kita baru berbicara.

-Mendominasi pembicaraan
.
Kita tidak boleh mendominasi (mengunggulin) rekan kerja kita.

-Banyak membicarakan diri sendiri
.
Kita tidak boleh membicarakan diri sendiri atau pun orang lian.

9.      Hubungan Dengan Atasan (pimpinan kita)

-Hormat kepada setiap atasan
.
-Mintalah saran dan petunjuk agar dapat berkomunikasi dengan atasan
.
Mintalah petunjuk pada rekan kerja kita agar dapat berkomunikasi dengan atasan agar kita lebih mengetahui sifat atasan.

-Usahakan tidak membuat kecewa atasan
.
Jika kita diberi tugas oleh atasan kita tidak boleh membuat atasan kecewa pada kita
-Beri masukan dan saran secara bijak
.
Ketika kita dimintaai saran kita hatus memberikan saran secara baik.

-Jangan spontan menolak perintah atasan
.
Kita tidak boleh menolak yang diperintahkan pada atasan, klo tidak bisa usahakan menggunakan kata “maaf salah tidak bisa”.

-Jangan membuat malu atasa
n.
Jangan membuat atasan malu dengan tingkah laku kita, bahasa kita.
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis pertanyaan dan komentar anda disini