Kamis, 26 Juli 2012

KEISTIMEWAAN ISLAM


Sebelum kami mulai tentang tentang postingan ini perkenankan kami untuk member salam kepada para pembaca “Assalamu’alaikum”.
Postingan ini bukan untuk merendahkan atau pun melecehkan agama atau pun aliran tertentu. Ini hanya sebuah pembedaan saja.
1.   Salam
Yang membedakan islam dengan yang lain adalah terletak pada sebuah salam, seperti yang kalian ketahui bahwa islam mempunyai etika dalam berkomunikasi ketika bertemu dengan orang lain seperti memberi salam ketika bertemu hendaklah kita mengucapkan salam yaitu assalamualaikum warohmatulohi wabarokatu, salam ini juga bisa dipakai dalam kita mengirim surat, baik surat formal atau pun informal,juga melalui e-mail.

2.   Kemudahan
Islam tidak pernah memberatkan umatNya beribadah kepada Allah, seperti halnya dalam mengerjakan sholat wajib atau sholat 5 waktu ( terdiri subuh, dzuhur, azar, magrib, isha), seperti yang sudah kita ketahui bahwa sholat tidak hanya dilakukan dalam keadaan berdiri saja, namun bisa dilakukan dengan dengan duduk ( jika tidak mampu berdiri), ataupun sambil berbaring ( jika mampu duduk/ berdiri). Puasa Ramadhan, seperti yang kita ketahui bahwa yang wajib menunaikan ibadah puasa yang sehat ( jasmani rohani), baliq (mampu membedakan mana yang baik & buruk), bisanya umur +12 tahun, suci dari najis besar (bagi wanita haid/menstruasi), musyafir ( orang yang dalam perjalanan jauh & melelahkan), ibu hamil (+4 bulan) & menyusui (karena ibu menyusui dapat mengurangi nutrisi anak dianjurkan tidak berpuasa). Namun tidak usah khawatir dapat diganti dengan fidyah. Fidyah adalah denda yang harus dibayarkan kepada faqir dan miskin atau bisa diganti dengan berpuasa dibulan yang lain selain bulan ramadhan.
3.   Kesehatan
Seperti yang kita ketahui bahwa islam member kita kesehatan, dengan larangan makanlah makanan yang halal yang dianjurkan pada Al-Qur’an dan hadist nabi Muhmmad Saw, juga larangan untuk menjauhi minuman yang memabukkan. Ajaran islam juga banyak dipakai dalam ilmu Ipa, seperti tentang proses terjadinya bayi & juga dipakai dalam ilmu social dalam menghargai sesama umat manusia dan ilmu kedokteran.
Sekian postingan dari kami semoga dapat bermanfaat bagi anda akhir kata “Wassalamu’alaikum”.
4.   Kedisiplinan
Islam juga mengajarkan kedisiplinan seperti yang diajarkan pada umat Nabi Muhammad Saw islam mengajarkan kita untuk berdisiplin dalam mengerjakan sholat lima waktu.
5.   Etika
Islam juga mengajarkan etika kehidupan, seperti:
a.)             Tata cara
Dalam berbicara kepada orang yang lebih tau dari kita harus mengunakan bahasa yang sopan, dengan nada yang sangat lembut.
b.)            Cara makan
Islam juga mengajarkan kita untuk duduk kita makan dan minum, seperti telah kalian ketahui firman Allah yang berbunyi “ makanlah kalian sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang”, maksudnya adalah kita tidak boleh sampai kita benar – benar lapar baru kita makan dan berhentilah sebelum kenyang, kita dilarang untuk hidup berlebih – lebihan ketika kita makan atau pun dalam hal apa pun, karena Allah paling tidak suka dengan hal-hal yang berlebihan, karena itu adalah nafsu setan & temannya setan di neraka.

Sekaian postingan dari saya semoga dapat bermanfaat bagi kalian dan para umat. Akhir kata wasslammualaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis pertanyaan dan komentar anda disini