Selasa, 18 September 2012

TIPS WANITA PENGENDARA

Ada seorang wanita yang memakai kendaraan?

Mungkin sedikit tips saya dapat membantu anda buat para "bikers woman". ups saya lupa mengucapkan salam abis terlalu semangat kasih posting sampai lupa menyapa sobat info semuanya.......
Asslamu'alaikum sobat infolover's Dua faktor penting telah Anda ketahui agar berkendara dengan aman.



Dan yang ketiga ini adalah faktor lingkungan yang lebih sering berada di luar kendali Anda. Tapi perhatikan tips berikut untuk mengurangi risikonya.

Faktor yang ketiga adalah lingkungan. Mereka adalah kendaraan lain, kondisi jalan, orang-orang di sekitar jalan, hewan ternak/peliharaan, hingga pepohonan dan papan reklame.

Terhadap semua hal itu, kita hanya bisa berhati-hati dan waspada, sambil berdoa agar diberi keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Atau setidaknya kita selalu memantau laporan lalu lintas yang disiarkan di berbagai radio.

Biasanya, bila ada kondisi yang tak lazim, pendengar lain akan memberi informasi yang bisa didengar oleh seluruh pemirsa.

Namun, faktor lingkungan lain yang tak kalah marak adalah kriminalitas. Misalnya, penodongan, perampokan, atau pencongkelan spion. Terhadap hal ini, ada sejumlah tips yang bisa diaplikasi para wanita pengemudi.

1. Rencanakan kegiatan dengan baik, sehingga tidak perlu melewati wilayah yang rawan tindakan kejahatan, dan tidak perlu berkendara terlalu larut malam.

2. Pastikan sistem penguncian pintu mobil bekerja dengan baik.

3. Informasikan kepada orang yang Anda percayai posisi Anda secara berkala dan tujuan Anda berkendara. Bila perlu, aktifkan fitur google map pada ponsel, agar posisi aktual Anda bisa selalu dipantau oleh orang yang Anda inginkan.

4. Hindari berhenti terlalu lama di lampu merah. Caranya, pantau kondisi lampu lalin dari jauh, bila lampu merah baru saja menyala, tak perlu menyegerakan laju mobil untuk berhenti di lampu merah. Pemantauan bisa lebih akurat pada lampu lalin yang dilengkapi angka hitungan mundur.

5. Jangan menaruh barang-barang berharga di dashboard atau jok samping pengemudi, karena mudah terlihat oleh penjahat dari luar.

6. Jangan berhenti bila ada jebakan di jalan, seperti orang yang berpura-pura kecelakaan atau orang minta tolong. Laporkan saja hal itu ke pos polisi terdekat, agar polisi segera menangani bila memang ada orang yang perlu ditolong. Ingat, Anda adalah seorang wanita yang sedang sendirian mengemudi.

7. Hindari kontak mata dengan pengendara lain, terutama pria, karena hal yang terjadi selanjutnya bisa jadi mengganggu konsentrasi Anda.

8. Bila Anda merasa diikuti oleh kendaraan lain, bersikap tenang dan segera cari pos polisi terdekat untuk berhenti. Atau bila tidak ada, cari tempat ramai, seperti mini market atau pom bensin untuk minta pertolongan.

9. Bila kendaraan lain memberi isyarat kepada Anda bahwa ada yang tidak beres pada mobil Anda, jangan langsung berhenti, kecuali ada kendaraan lain yang juga memberi isyarat serupa.

10. Jika Anda diberhentikan oleh seseorang yang terlihat seperti polisi, jangan langsung membuka pintu atau kaca jendela sebelum Anda yakin bahwa itu benar-benar polisi. Kalau perlu beri isyarat agar ia menunjukkan identitasnya.

11. Sebisa mungkin selalu parkir dengan posisi mundur, agar mobil lebih bisa cepat keluar dari areal parkir di saat dibutuhkan.

12. Hindari mengambil uang tunai di ATM drive-through atau ATM biasa, karena Anda mudah dipantau dari jauh oleh penjahat bahwa Anda sendirian dan memegang uang. Persiapan dana harus sudah cukup sebelum mengemudi.

13. Bila Anda berkendara ke luar kota sendirian, terlebih malam hari, tak ada salahnya menempatkan manekin bersosok pria di jok penumpang depan. Lengkapi dengan topi dan kaca mata, sehingga tampak seperti seorang pria kekar yang sedang tertidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis pertanyaan dan komentar anda disini