Jumat, 06 April 2012

Tim Sepak Bola Tertua Di Dunia

Klub sepak bola tertua di dunia antara lain sebagai berikut: 

1. Sheeffield United fc

DATA & FAKTA


Nama Lengkap : Sheffield Football Club

Julukan : The Club, The Ancients

Berdiri : 24 Oktober 1857

Stadion : Bright Finance (1200 penonton)

Presiden : Richard Timms

Pelatih : Dave McCarthy

Liga : Liga Premier Utara, divisi satu selatan


PRESTASI

Juara Piala Amatir FA 1903-04

Juara Liga Yorshire, divisi dua 1976-77

Juara Piala Liga Yorkshire 1977-78

Juara Liga Utara Kawasan Timur, divisi satu 1988-89, 1990-91

Juara Piala Liga Utara Kawasan Timur 2000-01, 2004-05

Juara Piala Sheffield dan Hallamshire Senior 1993-94, 2004-05, 2005-06



Sheffield FC resmi berdiri pada 24 Oktober 1857. FIFA pun mengukuhkan bahwa merekalah klub sepakbola pertama di dunia. Atas statusnya itu, FIFA menganugerahkan penghargaan tertinggi FIFA Order of Merit yang bisa diberikan kepada mereka yang punya perhatian dan pengabdian terhadap sepakbola dunia. Untuk kelas klub, hanya ada dua klub di dunia yang mendapatkannya, yakni Sheffield dan Madrid, yang diberikan tahun 2004 lalu. Status unik membuat Sheffield dan Madrid menjalin hubungan yang sangat erat.

Awalnya, sepakbola yang dimainkan di seluruh kawasan Inggris tak punya peraturan jelas. Semua orang bisa menerapkan aturan yang berbeda dan bisa diikuti oleh 500 pemain dalam satu pertandingan serta sering berakhir dengan keributan.

Namun pada Oktober 1857, dua pemain kriket, William Prest dan Nathan Creswick, memelopori peraturan baku dan membentuk Sheffield FC. Mereka menyusun peraturan main, termasuk tendangan bebas dan gawang.

“Tapi keduanya tak pernah mengklaim sebagai penemu sepakbola. Mereka hanya membentuk organisasi pertama yang khusus memainkan sepakbola,” kata Timms.


CIKAL BAKAL SHEFFIELD UNITED & WEDNESDAY

Selama tiga tahun, Sheffield hanya bermain di antara mereka sendiri dan tak punya musuh, termasuk mempertandingkan pria yang sudah menikah melawan pria lajang. Setelah hal itu bertahan selama tiga tahun, Sheffield kemudian meminta klub kriket Hallam untuk membentuk klub sepakbola sebagai rival. Pertandingan derby antara mereka masih berlangsung hingga kini.

Hingga tahun 1862, sudah ada 15 klub lain yang didirikan di daerah Sheffield, sebuah kawasan yang terkenal dengan industri baja, yang kemudian mengorganisir dirinya di bawah perserikatan Sheffield Club. Mereka semua inilah yang menjadi ujung tombak pembentukan Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) pada tahun 1863.

Sheffield kemudian berandil pula dalam pembentukan Sheffield United pada 1889, yang saat ini bermain di Liga Championship (divisi satu) bersama dengan Sheffield Wednesday.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis pertanyaan dan komentar anda disini